TNI AL Luncurkan Tiga Kapal Perang

298

Kepri.tv, Batam – TNI Angkatan Laut menggelar peluncuran dan Shipnaming tiga unit kapal perang yakni dua unit Kal Latih 45 M dari Galangan PT Karimun Anugrah Sejati dan satu unit kapal Bantu Cair Minyak (BCM) dari Galangan PT Batamec. Kapal-kapal tersebut diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Kawasan Industri Galangan Kapal, Tanjung Uncang, Batam, Rabu (26/9/2018).

Shipnaming Kal Kadet-6 dan Kal Kadet-7 akan digunakan untuk penyelenggaraan dan pengembangan teknologi industri strategis dibidang pertahanan negara di laut. Selain itu juga akan menjadi sarana belajar dan berlatih bagi Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk menjadi Perwira pengawal samudra yang profesional.

Kapal Kal Latih 45 M memiliki tinggi 4,25 meter, kecepatan jelajah 16 Knot dan Kecepatan Maksimum 18 Knot dilengkapi dengan mesin penggerak kapal 2 unit Cummins KTA 50 M2, sedangkan Kapal BCM Bontang memiliki tinggi 9 meter, kecepatan jelajah 16 Knot dan dilengkapi dengan mesin penggerak kapal 2 unit STX MAN 12V 32/40.

Sementara Shipnaming Kapal BCM yang diberi nama Kapal Bontang ini diambil dari nama Kota di Provinsi Kalimantan Timur yang terkenal akan kekayaan alam migasnya.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.