PDAM Natuna Memprihatinkan

940×180 Banner
486

Kepri.Tv, Natuna-PDAM Tirta Nusa Kabupaten Natuna masih mengalami kendala kebocoran air bersih di Kota Ranai yang mencapai 50 persen. Tingginya tingkat kebocoran tersebut disebabkan usia jaringan pipa yang sudah tua dan sejumlah masyarakat yang mengambil air secara ilegal tanpa menggunakan meteran air.

“Saat ini sekitar 50 persen tingkat kebocoran air. Seperti pipa distribusi di daerah Sebayar, pipa jaringannya sudah tua dan tidak standartnya. Bahkan pipa air tidak tertanam sehingga bila ada tertimpa pohon tumbang mengakibatkan kebocoran.

Direktur PDAM Tirta Nusa, Hendro, mengaku sudah berapa kali mengusulkan ke dinas terkait untuk penganggaran biaya pergantian pipa dan pembangunan tempat penampungan air, sehingga para pelanggan tidak mengalami krisis air bersih.

“Debit air dari Gunung Ranai masih mencukupi. Namun bak Intek di daerah Sebayar tidak optimal lagi, bak hanya bisa menampung 50 persen air. Kebocoran pada bak harus segera diperbaiki atau dibangun baru. Pipa juga sudah tua dan banyak pipa jalur cacing (pipa liar tidak sesuai SOP).

Leave A Reply

Your email address will not be published.