Melihat Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar di TPA Tanjungpinang

Pemprov
bintan

Kepri.TV, Tanjungpinang – Dengan menerapkan proses pirolisis, Suardi, staf di UPTD TPA Ganet mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar berupa bensin dan solar.

Sudah setahun UPTD menerapkan proses pirolisis sampah plastik menjadi bahan bakar. Proses pirolisis sampah plastik merupakan proses dekomposisi senyawa organik yang terdapat dalam plastik melalui proses pemanasan dengan sedikit atau tanpa melibatkan oksigen.

Pirolisis sampah plastik ini dilakukan dengan umpan yaitu sampah plastik jenis polypropylene (PE) dan sampah plastik jenis low density polyethylene.

Di TPA Ganet, plastik yang dijadikan sebagai bahan baku diambil dari sampah-sampah yang ada di TPA. Sampah itu kemudian dibakar di peralatan dibuat Suardi yang bahannya juga merupakan sampah di TPA. Saat ini, peralatan sanggup memroses 5 kg sampah plastik. Dalam waktu 3 jam dihasilkan rata-rata 2,5 liter bensin dan 1,5 liter solar.

Bensin dan solar sudah diujicobakan di sepeda motor, genset dan peralatan pembuatan pupuk kompos. Namun untuk dipergunakan secara massal, UPTD TPA Ganet harus memastikannya terlebih dahulu dengan melakukan pengujian di Pertamina.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.