News Video Portal

36 Orang Warga Batam Terjaring Razia Protokol Kesehatan

36 Orang Warga Batam Terjaring Razia Protokol Kesehatan
36 Orang Warga Batam Terjaring Razia Protokol Kesehatan.(Foto Istimewa)

KEPRI.TV, Batam – 36 orang warga Batam terjaring razia protokol kesehatan yang digelar aparat gabungan di Kawasan Mega Legenda dan Botania 1, Batam Kota. Puluhan warga itu kedapatan tidak mengenakan masker saat berada di pusat keramaian, Selasa (15/9/2020).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam, Salim mengatakan, tim gabungan melakukan razia di dua lokasi keramaian untuk menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwako) No 49 Tahun 2020 tentang protokol kesehatan.

Hasilnya, 36 orang kedapatan tidak mengenakan masker saat berada di pusat keramaian. Menurut Salim, penindakan yang dilakukan pada tahap awal yakni berupa teguran dan sanksi administrasi.

“Sekarang baru kami tegur dan catat nama-namanya,” katanya.

Dilanjutkan Salim, jika kembali kedapatan melanggar protokol kesehatan, pihaknya akan menerapkan sanksi denda sebesar Rp250 ribu untuk perorangan, denda Rp500 ribu untuk fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, transportasi umum, apotek dan pedagang kaki lima. Selanjutnya untuk fasilitas umum seperti perkantoran, restoran, kafe dan fasilitas olahraga dikenakan denda Rp1 juta, begitu juga dengan Kawasan industri, pelabuhan, bandara, perhotelan, mall, tempat wisata dan fasilitas kesehatan dikenakan denda Rp2 juta.

“Razia ini untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

(Wan)

You might also like