News Video Portal

Alias Wello Bersama Pengurus KKSS Ziarah Makam Leluhur di Tanjungpinang

Alias Wello Bersama Pengurus KKSS Ziarah Makam Leluhur di Tanjungpinang
Alias Wello Bersama Pengurus KKSS Ziarah Makam Leluhur di Tanjungpinang.(Foto Istimewa)

KEPRI.TV, Tanjungpinang – Sejumlah pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang, bersama Bakal Calon Bupati Bintan, Alias Wello melakukan ziarah ke makam leluhurnya Daeng Marewah dan Daeng Celak di Hulu Riau, Tanjungpinang, Selasa (15/9/2020).

Ziarah ke makam Daeng Marewa dan Daeng Celak itu dilakukan pria yang akrab disapa AWe itu, saat masa istirahat proses pemeriksaan kesehatan di RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Tanjungpinang.

Daeng Marewah dan Daeng Celak merupakan dua dari lima pendekar Bugis yang bersebati dengan bangsawan Melayu, menjayakan emporium Melayu, Kerajaan Riau – Lingga – Johor dan Pahang.

“Mereka yang dimakamkan di sini, yang sepanjang hayatnya telah mendarmabaktikan hidupnya untuk kita semua,” tutur Bakal Calon Bupati Bintan Alias Wello.

Menurut Awe, Kebesaran emporium Melayu tak lepas dar peran suku Bugis yang turut melawan penjajah di bumi Melayu. Persebatian Melayu – Bugis itu, kata AWe, dituangkan dalam sebuah perjanjian yang disebutnya sebagai Sumpah Setia Melayu – Bugis dan pernah dibacakan kembali saat kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Daik, Lingga beberapa tahun yang lalu.

“Kita generasi penerusnya wajib mengetahui dan ingat dengan para leluhur yang telah memberikan arti kepada kita semua hari ini.

Diantara para pengurus KKSS yang terlihat, antara lain Abidin, yang merupakan sesepuh KKSS Bintan. Kemudian, Sekretaris KKSS Bintan Basok Ridwan. Selain itu, terlihat juga Abdul Rauf Rahim, Ketua Pemuda Muhammadiyah Provinsi Kepri.

Tampak juga Arifin Ahmad, Sekretaris KKSS Tanjungpinang. Dan, sejumlah pengurus KKSS lainnya di Bintan serta Tanjungpinang.

“Ini merupakan suatu kehormatan, bisa mengawal perjalanan rohani pak Alias Wello untuk ziarah ke Makam leluhurnya Daeng Marewah dan Daeng Celak di Hulu Riau. Bagi kami orang-orang Bugis, ini tradisi yang terus kami pertahankan,” jelasnya.

Daeng Marewa adalah Yang Dipertuan Muda Riau I. Sedangkan, Daeng Celak yang juga ayah kandung dari Raja Haji Fisabilillah dan Raja Lumu (Sultan Selangor I), adalah Yang Dipertuan Muda Riau II.

(*)

You might also like