News Video Portal

Antisipasi Pemulangan PMI Lewat Jalur Tikus, Pemerintah Akan Terbitkan SPLP

KEPRI.TV, Batam – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meninjau pemulangan pekerja migran indonesia (PMI) yang tiba di tanah air melalui Pelabuhan Internasional Batam Center, Batam, Sabtu (8/5/2021). Pemerintah berencana menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Pasport (SPLP) bagi para PMI agar mereka tidak pulang melalui jalur tikus.

Sebanyak 72 orang PMI tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center, Kota Batam. Puluhan PMI ini merupakan pekerja indonesia yang bekerja di Malaysia dan Singapura. Setibanya di tanah air, para PMI langsung di cek kesehatannya termasuk pengambilan sampel swab oleh tim kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meninjau langsung pemulang PMI di dampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Sejak Januari hingga Mei 2021, PMI yang dipulangkan melalui Provinsi Kepulauan Riau berjumlah 14 ribu orang. Dari jumlah itu, lebih dari 200 orang PMI terinfeksi Covid 19.

Untuk mengantisipasi pemulang PMI melalui jalur tikus, pemerintah berencana akan menerbitkan Surat Perjalanan Laksana Pasport (SPLP). Hal ini dilakukan agar seluruh pemulangan PMI ke tanah air terpantau sekaligus mengantisipasi masukknya varian baru ke Indonesia.

(Brm)

You might also like