News Video Portal

Batam Diusulkan Jadi Tuan Rumah Iven Pelangi Nusantara 2021

Batam Diusulkan Jadi Tuan Rumah Iven Pelangi Nusantara 2021
Atlet paramotor beraksi di iven Pelangi Nusantara yang digelar di Kabupaten Ende, NTT.(foto twitter.com/@TNIAU)

KEPRI.TV, Batam – Kota Batam diusulkan menjadi tuan rumah Pelangi Nusantara 2021. Iven kedirgantaraan yang digagas oleh TNI AU akan menggelar beragam kejuaran terjun payung, aeromodelling, drone, dan paramotor.

Paban III/Tahwildirga Spotdirga Kol Sus Kodrat Maliki mengatakan, pihaknya datang langsung ke Batam untuk menjajaki rencana penyelenggaraan Pelangi Nusantara 2021. Ia mengatakan, iven tersebut diyakini akan meningkatkan sektor pariwisata.

“Program ini perlu dukungan dari Pemda Batam, harus bersama menjajaki ini. Kita melihat kemungkinan bisa diaplikasikan di Batam,” ujarnya.

Ia mengatakan, butuh tempat khusus karena beberapa jenis olahraga tersebut membutuhkan tempat ketinggian seperti olahraga paralayang. Selain itu, ada landasan khusus yang saat ini sedang dijajaki oleh Lanud Hang Nadim Batam.

“Semua harus memenuhi syarat dan kita masih tahap penjajakan apakah memungkinkan digelar di Batam,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas operasi Lanud Hang Nadim Batam, Mayor (Lek) Wardoyo, mengaku sudah menjajaki tiga lokasi di Batam; pantai gobak dan bukit gendang di Galang dan taman wisata mata kucing, Sekupang.

“Dari lokasi yang sudah jajaki, sudah memenuhi syarat. Bahkan, beberapa tempat sudah terdapat akses jalan,” ujarnya.

Dari tiga tempat ini, beragam olahraga yang bisa dilaksakan, untuk di Pulau Galang diprioritaskan paralayang karena memiliki bukit-bukit ketinggian yang memungkinkan untuk terbang. Sementara di Taman Wisata Mata Kucing, khusus; dron, aeromodelling, hingga pesawat track.

“Beberapa lokasi sudah kita bersihkan untuk dilakukan uji coba,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam pun menyambut baik rencana ini. Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum menyatakan siap mendukung terselenggaranya iven ini. Syamsul meyakini iven Pelangi Nusantara akan kembali menggairahkan pariwisata Batam.

“Kami sangat mendukung ini. Secepatnya bisa disiapkan agar iven besar ini bisa terlaksana di Batam,” ujarnya.

(MC Batam/Brm)

You might also like