News Video Portal

Pekerja Perusahaan Pancarasa Pratama Tuntut Upah Layak

KEPRI.TV, Tanjungpinang – Pekerja perusahaan Pancarasa Pratama unjuk rasa tuntut upah layak di depan pintu masuk perusahaan di Jalan DI. Panjaitan, Tanjungpinang, Rabu (9/9/2020). Mereka menuntut agar perusahaan memberikan upah layak sesuai aturan ketenagakerjaan. 

Pekerja PT. Pancarasa berunjuk rasa dan didominasi oleh kaum wanita. Aksi mereka digelar sambil membawa poster berisi tuntutan mereka agar upah yang dibayarkan perusahaan sesuai dengan Upah Minimum Karyawan (UMK) yang telah ditetapkan.

Manager PT. Pancarasa Pratama, Mustardi mengatakan, para pekerja yang berunjuk rasa ini sebelumnya telah menyepakati untuk dirumahkan pada bulan Apri lalu, namun belakangan perusahaan kembali mempekerjakan mereka dengan kesepakatan sebagai pekerja harian lepas dengan upah Rp100 ribu per hari.

“Kami ada kebutuhan produksi, kami tawarkan kepada temen-temen ini yang mau bekerja, silahkan bekerja tapi dengan status karyawan harian lepas, tapi kami juga belum mencabut status mereka yang dirumahkan,” katanya.

Sementara itu, perwakilan pekerja, Tiarida mengatakan belum ada kesepakatan antara perusahaan dan pekerja, kami masih menunggu keputusan perusahaan untuk mempekerjakan kami dengan upah layak.

“Belum ada kesepakatan, kami masih menunggu,” ujarnya.

Massa pekerja menyebut jika tuntutan mereka tidak dipenuhi perusahaan, aksi unjuk rasa akan terus dilakukan. Sebagian dari mereka mengaku membutuhkan upah layak karena kondisi ekonomi yang semakin sulit serta kebutuhan hidup yang semakin sulit.

(Ksp/Brm)

You might also like